Rumah Minimalis 2 Lantai Sederhana

Saturday, May 27th 2017. | Rumah Minimalis

Di daerah perkotaan yang mulai berkembang, konsep rumah minimalis 2 lantai sederhana sudah selayaknya diperhitungkan. Ketersediaan lahan yang mulai menyusut, sedangkan kebutuhan pemukiman di masa depan akan semakin tinggi. Sehingga tidak ada salahnya jika pengelola kota-kota yang saat ini sedang berkembang, mempertimbangkan untuk pembuatan rumah hunian 2 lantai secara masif. Pertimbangan yang logis, di mana rumah minimalis 2 lantai sederhana akan menggunakan lahan yang relatif kecil, dengan ruang tersedia pada hunian tersebut yang sekiranya cukup untuk menampung kegiatan seluruh penghuni rumah. Jika tidak dibuat 2 lantai, maka untuk menampung kegiatan seluruh penghuni rumah yang sama, paling tidak akan dibutuhkan lahan satu setengah kali lebih besar.

Rumah Minimalis 2 Lantai Sederhana

Selain mempunyai kontribusi positif mengenai penggunaan lahan, penerapan rumah minimalis 2 lantai sederhana juga memudahkan dalam tata letak peng-organisasian ruang dalam hunian. Perencanaan ruang akan lebih mudah dengan bertambahnya luas lantai, dan dengan adanya pemisahan kategari ruang dengan bantuan perbedaan elevasi. Misalkan, ruang-ruang di lantai satu diperuntukkan untuk kepentingan yang bersifat publik, sedangkan pada lantai dua diletakkan ruang-ruang untuk kepentingan yang lebih privat, misal kamar-kamar tidur. Dengan pengaturan demikian akan lebih menjamin bahwa privasi dalam ruang-ruang kamar tidur menjadi lebih terjaga, karena tidak dilalui oleh para tamu yang nantinya cukup dilayani pada ruang-ruang di lantai satu.

Dari sisi keamanan struktur bangunan, bangunan rumah minimalis 2 lantai sederhana jelas akan dipersiapkan menggunakan struktur yang relatif lebih kuat dibanding dengan bangunan satu lantai, yang mungkin biasanya akan menggunakan struktur biasa atau bahkan seadanya. Hal tersebut secara tidak langsung juga akan menambah jaminan keamanan gedung secara struktur dari sisi daya dukung tanah maupun dari antisipasi resiko gempa bumi.

Dilihat dari estetika bangunan, bangunan rumah 2 lantai mempunyai keunggulan pada luasan bidang dinding yang bisa di-ekspos lebih banyak, yang pada gilirannya akan menambah kesan berwibawa dari suatu bangunan. Namun memang perlu adanya suatu pengaturan agar rupa-rupa desain bangunan rumah minimalis 2 lantai sederhana ini tidak malah kemudian menjadi tampilan yang semrawut.

tags: , ,